Minggu, 11 Maret 2012

Landasan Kultural Pancasila Sebagai Dasar Negara

Landasan Kultural Pancasila Sebagai Dasar Negara
Agar suatu bangsa mempunyai wibawa dan kedaulatan dalam dunia internasional, maka setiap bangsa dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus memiliki pandangan hidup, filsafat hidup serta pegangan hidup.

Setiap bangsa memiliki ciri khas serta pandangan hidup yang berbeda dengan bangsa lain. Negara Komunis dan Liberalis meletakkan dasar filsafat negaranya pada suatu konsep ideology tertentu, misalnya komunisme mendasarkan ideologinya pada suatu konsep pemikiran Karl Marx.

Bangsa Indonesia mendasarkan pandangan hidupnya dalam ber masyarakat, berbangsa dan bernegara pada suatu asa cultural yang dimiliki dan melekat pada bangsa itu sendiri. Nilai-nilai kenegaraan dan kemasyarakatan yang terkandung dalam sila-sila Pancasila bukanlah hanya merupakan suatu hasil konseptual seseorang saja, melainkan merupakan suatu hasil karya besar bangsa Indonesia sendiri, yang diangkat dari nilai-nilai cultural yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sendiri melalui proses refleksi filosofis para tokoh pendiri negara seperti; Soekarno, Mr. Muh. Yamin, M. Hatta, Soepomo, serta para tokoh pendiri negara lainnya.
Satu-satunya karya besar bangsa Indonesia yang sejajar dengan karya besar bangsa lain di dunia ini adalah hasil pemikiran tentang bangsa dan negara yang mendasarkan pandangan hidup suatu prinsip nilai yang tertuang dalam sila-sila Pancasila

0 komentar

Posts a comment

 
© apellemon
Designed by Blog Thiết Kế
Back to top